Jumat, 29 Oktober 2010

Debu Gunung Merapi bagaikan Salju yang Turun Perlahan - Lahan Hingga Mencapai Kulon Progo


tadi pagi jam 06.00 tanggal 30 Oktober 2010 , ketika saya bangun dan pergi ke depan rumah saya , saya melihat depan rumah , jalan , hingga genteng setiap rumah berwarna putih , seperti salju yang indah, bagaikan salju yang turun atau bagaikan hujan gerimis, ternyata debu putih yang berjatuhan. jika jam 6 udh seputih itu , berarti debu itu sudah jatuh sebelum jam 6 . ternyata saya lihat di salah satu berita nasional , merapi mengeluarkan abu vulkaniknya selama 21 menit , tidak heran abu itu sekarang berjatuhan hingga Kulon Progo , padahal jarak Kulon Progo dengan Merapi , menurut saya cukup jauh. berarti daerah Kota Yogyakarta pun terkena abu vulkanik ini , mungkin debu putihnya lebih banyak dari pada di kulon Progo, di salah satu televisi nasional mengatakan "abu vulkanik gunung merapi juga mencapai daerah Kota yogyakarta hingga Bantul juga". ketika saya keluar dari rumah sekitar jam 11 , sekitar jalan raya cukup lumayan debu putihnya. tidak heran banyak yang memakai masker. Dan debunya cukup menganggu ketika berada di jalan raya , karena debunya berterbangan . mudah - mudahan saja hari ini hujan , supaya debu-debu yang ada di genteng rumah dan yang ada di jalan hilang semua, alhamdulilah jam 13.00 siang di kulon progo hujan , rumah saya jadi bersih lagi, debunya dengan cepat hilang terkena air hujan. fenomena ini menjadi sangat menarik , karena hampir lingkup rumah saya dan Kota menjadi cukup Putih , bagaikan salju yang berterbangan , cuma namanya juga debu, tentu tidak baik untuk kesehatan , gunakan masker untuk mengatasi hal ini. dan jangan lupa untuk bersih - bersih di luar Rumah karena halaman Rumah dan depan rumah cukup lumayan debu berwarna putihnya, tapi karena jam 13.00 sudah hujan , rumah dan jalan-jalan di kota sudah bersih lagi, alhamdulilah..

B. Peduli Merapi

Tanggal 5 November 2010 di dalam suatu berita nasional memberitakan bahwa gunung merapi kembali mengeluarkan awan panas yang cukup besar sekitar jam 00.30, tidak hanya daerah sekitar merapi yang terkena akibat dari gunung merapi ini, tapi daerah di kawasan DIY dan JATENG terkena juga abu vulkanik gunung merapi yang cukup lumayan banyak seperti di daerah kulon progo pun terkena abu vulkanik ini padahal jaraknya cukup jauh dan abunya cukup lumayan tebal dari pada tanggal 30 oktober yang lalu . jika di logika, abunya saja cukup lumayan dan abunya menyebar dengan cukup luas hingga kawasan DIY dan Jateng sekitarnya , apalagi sekitar gunung merapi tentu mereka mendapat imbas yang cukup besar dan membuat trauma yang cukup mendalam, akan ada yang namanya ketakutan terkena awan panas atau ada juga yang saudaranya ketinggalan atau terlambat untuk menghindar dari awan panas gunung merapi akibatnya mereka mengalami trauma atau ketakutan yang cukup mendalam , apalagi bagi mereka yang terkena awan panas , tentu mengalami trauma yang cukup mendalam , dan ada juga yang mengalami trauma yang cukup mendalam karena saurada yang mereka sayangi seperti orang tua atau saudara mereka meninggal dunia karena terkena awan panas. Sekerang para pengungsi sudah di ungsikan lebih jauh hingga lebih berjarak 20 km dari gunung merapi , seperti di dalam gor yang di miliki UNY, stadion Maguwoharjo, dan daerah pengungsian lainnya yang tersebar. Tapi, Tidak hanya trauma dan ketakutan saja yang mereka rasakan , kegiatan ekonomi mereka juga melemah , mereka kehilanggan rumah bagi mereka yang rumahnya terkena awan panas, hewan ternak mereka juga banyak yang mati karena terkena awan panas, perkebunan mereka juga mengalami kerusakan akibat awan panas, dan kegiatan pariwisata di sekitar gunung merapi pun mulai mendapat imbasnya akibat dari gunung merapi , seperti bandara di yogyakarta di tutup dan kawasan sekitar gunung merapi pun di tutup.

Dari ulasan di atas , “Ayo kita peduli dengan Masyarakat merapi , kita bantu Masyarakat Merapi dengan doa kita , kalian juga bisa membantu sesuai kemampuan kita seperti menyisahkan sebagian uang kita atau menyisihkan uang kita sesuai kemampuan kita atau seikhlasnya kita , bisa juga dengan datang ke posko pengungsian untuk memberikan semangat dan menghibur mereka , dan hal positifnya lainnya yang bisa kita lakukan. Karena dengan membantu merapi tidak hanya pahala yang kita dapatkan , tapi balasan rezeki yang berlipat ganda, akan Tuhan berikan kepada kita , rezeki tidak hanya berupa uang atau harta benda , bisa berupa kesehatan , bisa berupa kemudahan di dunia dan ahkerat, bisa juga berupa keselamatan , dan hal-hal positif lainnya yang tidak kita duga, bisa di berikan oleh Tuhan ,amin.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Daftar Blog Saya

Cari Blog Ini